Sebagai syarat awal saat akan mencari suatu pekerjaan di sebuah perusahaan yang sedang menyediakan lowongan pekerjaan, umumnya diawali dengan membuat surat lamaran kerja. Baik untuk perusahaan umum, CPNS, Bank, ataupun yang ingin menjadi seorang perawat tentu membutuhkan cv lamaran kerja. Membuat surat lamaran kerja tergolong tidak terlalu sulit, namun bagi seseorang yang belum pernah bekerja sebelumnya tentu akan sedikit bingung. Bingung dalam menyusun rangkaian kalimat paragraf demi paragraf sehingga bisa membentuk suatu surat lamaran kerja.
Bagi yang memiliki saudara mungkin bisa minta bantuan untuk pembuatan surat lamaran kerja. Akan tetapi bagi yang membuat sendiri biasanya melihat contoh dan tips surat lamaran kerja di internet. Berikut adalah Tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Terbaru Versi Admin Loker, simak selengkapnya :
Tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Terbaru
"Cara membuat surat lamaran kerja"- Gunakan bahasa yang benar dan baik
- Tulis menggunakan kalimat yang sopan
- Usahakan tulis manual
Jika perlu, lampirkan sertifikat yang anda miliki sebagai pendukung lainnya.
Sementara itu, inti dari sebuah surat lamaran kerja terbagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian pembuka, bagian isi atau uraian, dan yang ketiga bagian penutup.
Dalam bagian pembuka biasanya terdiri dari sumber informasi lowongan pekerjaan yang didapat oleh pelamar. Sedangkan untuk isi atau uraian menjelaskan bahwa si pelamar telah memenuhi persyaratan yang diperlukan oleh perusahaan.
Selain itu, di bagian isi atau uraian juga terdapat informasi seperti biodata tempat tinggal, usia, status, dan juga keterampilan apa yang dimiliki guna menunjang posisi yang anda inginkan. Pada bagian terakhir atau penutup ini biasanya berisi harapan pelamar kerja mengenai proses selanjutnya seperti apa dengan disertai juga ucapan terima kasih.
Contoh cara membuat surat lamaran kerja :
Hal : Lamaran pekerjaanKepada Yth.,
Bpk / Ibu Personalia
PT. Maju jaya
Jl. Mawar melati No 93
Jakarta Timur
Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi yang saya dapatkan dari surat kabar harian merdeka bahwa di PT. Maju Jaya sedang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi sebagai marketing. Sehubungan dengan hal ini, perkenankan saya untuk mengajukan diri dan bergabung di Perusahaan PT. Maju Jaya.
Mengenai diri saya, berikut adalah biodata singkat yang dapat saya jelaskan sebagai berikut :
Nama : Handy Restu
Tempat dan tanggal lahir : Jakarta, 30 Desember 1987
Pendidikan terakhir : Sarjana Ekonomi
Alamat : Perum Asri, Blok v No 87
Telephone, Hp : 098767866565
E-mail : gantengbanget@gmail.com
Status perkawinan : belum kawin atau belum menikah
Saat ini saya masih bekerja di PT. Indah Maju, sebagai staff administrasi dengan fokus di bidang finance. Untuk bahan pertimbanganya, saya lampirkan :
1. FC dari ijazah S1 Ekonomi
2. Daftar riwayat hidup
3. FC pelatihan atau sertifikat khusus
4. Pas foto terbaru ukuran 3 x 4
Besar harapan saya untuk diberi posisi dan kesempatan untuk wawancara serta bisa menceritakan lebih dalam mengenai diri saya. Demikian saya sampaikan, atas perhatian Bapak saya ucapkan terima kasih.
Sekian Artikel Tentang Tips cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang bisa Admin Berikan kepada para sahabat pencari kerja yang dimana pun berada, tetap semangat yaaaa...Jika anda ingin membuat surat lamaran kerja buatlah sesuai dengan tips dan contoh di atas. Semoga bermanfaat dan membantu.
Besar harapan Admin Sahabat semua bisa memiliki pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keinginan atau harapan Sahabat - Sahabat semuanya.
Salam Sukses Dari : Admin-Loker.INFO